Memilih Web Company Profil Profesional Untuk Perusahaaan

Company Profile Profesional Untuk Perusahaan Anda


Di jaman globalisasi seperti saat ini dunia telah berada dalam genggaman setiap pengguna gadget, baik berupa smartphone, tablet ataupun laptop. Data terbaru dari Internet Data Center (IDC Sept 2016), pengguna internet aktif di Indonesia saat ini telah mencapai 65 persen atau sekitar 95 juta pengguna. Bahkan jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini telah menempati urutan ke-6, sedangkan dalam pengguna sosial media Indonesia berada di urutan ke-3. Hal ini dapat berarti bahwa terdapat potential market dari 95 juta pengguna tersebut, dan itu baru dihitung hanya dari pengguna di Indonesia, belum diseluruh dunia. Sekarang tinggal bagaimana perusahaan dapat mengoptimalkannya menjadi peluang usaha yang bagus.
Sebuah perusahaan di jaman globalisasi seperti saat ini, secara tidak langsung dituntut serta diwajibkan untuk memiliki sebuah website bagus dan terpercaya, yang dimana website tersebut dapat berupa Company Profile yang SEO Friendly. Hampir dapat dipastikan bahwa semua perusahaan besar yang berskala Nasional dan Internasional pasti telah memiliki website Company Profile yang SEO Friendly. Keberadaan Company Profile yang SEO Friendly ini selain berfungsi sebagai media informasi, Company Profile yang SEO Friendly ini juga dapat berfungsi sebagai sarana pendukung bisnis perusahaan, terutamanya dalam bagian promosi sehingga sangat membantu bagian marketing dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
Oleh sebab itu-lah perusahaan membutuhkan penyedia Jasa Desain Website yang bagus, profesional dan terpercaya. Sebelum membahas mengenai penyedia Jasa Desain Website atau Jasa Pembuatan Website yang bagus, profesional dan terpercaya, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai Company Profile.

PENGERTIAN WEBSITE COMPANY PROFILE
Company Profile sendiri adalah merupakan salah satu media yang digunakan untuk merepresentasikan profil dari sebuah perusahaan. Website Company Profile yang dibuat pada umumnya hanya berisi gambaran umum dari perusahaan tersebut, yang dimana point-point yang ditampilkan tersebut nantinya harus sesuai dengan ketetapan serta keinginan dari Perusahaan yang akan membuat website tesebut.
Selain itu Website Company Profile juga harus dilihat apakah website yang dibuat ini akan digunakan untuk konsumen bank, pemasok, atau lembaga lainnya. Pengecheckan sendiri perlu dilakukan untuk menciptakan kepuasan publik. Publik akan merasa puas apabila kepentingannya telah terpenuhi, yang dimana salah satunya adalah kepentingan untuk mendapatkan informasi tentang aktivitas perusahaan.
Lebih dari itu Website Company Profile juga merupakan media untuk penjelasan mengenai perusahaan termasuk apa saja produk dari perusahaan tersebut baik secara verbal maupun grafik, untuk mengangkat product value, corporate value serta keunggulan perusahaan dibandingkan dengan pesaing berdasarkan kedua value tersebut.
Berikut ini adalah beberapa Corporate Value yang perlu ada didalam Website Company Profile, yaitu sebagai berikut:
Struktur Organisasi
Struktur organisasi yang dibuat haruslah berisi susunan/hirarki organisasi berdasarkan jabatan serta posisi yang ada dalam perusahaan, berikut dengan nama individu pada masing-masing posisi tersebut. Kegunaan struktur organisasi dalam website sendiri berfungsi agar konsumen atau pihak-pihak yang bekerjasama dengan perusahaan dapat mengetahui person in charge yang langsung berhubungan dengan mereka dalam pekerjaan ataupun masalah.
Visi dan Misi Perusahaan
Visi adalah merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka panjang, atau dengan kata lain perusahaan nantinya dalam periode tertentu ingin menjadi perusahan yang seperti apa?. Sementara itu Misi adalah merupakan cara-cara yang digunakan perusahaan untuk mencapai visi perusahaan. Misi sendiri dapat berupa pernyataan kalimat atau kata yang mengingatkan pekerja dalam perusahaan tersebut untuk bekerja sesuai Misi Perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan.
Sejarah Berdirinya Perusahaan
Adanya sejarah berdirinya perusahaan sendiri berfungsi agar konsumen atau pihak-pihak yang bekerjasama dengan perusahaan dapat tergambar mengenai landasar dasar berdirinya perusahaan, sehingga mereka dapat memperkirakan apakah perusahaan ini memiliki banyak pengalaman sehingga cukup kuat secara mental serta terlihat keutuhan individu yang terlibat didalamnya. Dengan adanya Sejarah berdirinya perusahaan akan memperlihatkan kepada masyarakat umum tentang keberhasilan dan kesolidan perusahaan.

Kemudian berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa Product Value yang perlu dimasukkan ke dalam Website Company Profile, yaitu sebagai berikut:
Product
Di dalam Website yang telah kita dibuat, kita harus dapat membuat strategi mengenai bagaimana caranya agar produk perusahaan dapat menarik hati konsumen untuk membelinya. Produk perusahaan sendiri dapat dibedakan berdasarkan ukuran, desain, kemasan, kualitas, dan kegunaannya yang lebih baik apabila dibandingkan dengan produk kompetitor.
Harga Layanan
Di dalam Website yang telah kita dibuat, kita harus dapat membuat strategi mengenai bagaimana caranya agar produk perusahaan dapat lebih menarik konsumen dari segi harga dibandingkan dengan kompetitor. Pada umumnya konsumen akan lebih tertarik kepada produk yang harganya lebih murah namun dengan kualitas yang lebih baik atau minimal dengan kualitas yang sama. Selainnya dari segi harga produk, kita juga dapat membedakan produk kita berdasarkan harga satuan dan harga grosir, syarat pembayaran, potongan harga, serta sistem buy 1 get 1 free atau bonus-bonus lainnya agar lebih memikat hati konsumen agar mau membeli produk perusahaan.
Process
Di dalam Website yang telah kita dibuat, kita dapat memperlihatkan proses produksi produk yang ditawarkan, maupun proses pelayanan terhadap konsumen. Dengan memperlihatkan proses produksi ataupun proses pelayanan terhadap konsumen, diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk mau membeli produk perusahaan yang ditawarkan.
Placement
Di dalam Website yang telah kita dibuat, kita harus dapat memperlihatkan bagaimana cara perusahaan mendistribusikan produk perusahaan yang diinginkan oleh konsumen tersebut agar dapat sampai ke tangan konsumen dengan aman. Dengan memperlihatkan cara perusahaan mendistribusikan produknya ke konsumen, diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk mau membeli produk perusahaan.

FUNGSI UTAMA COMPANY PROFILE
Fungsi utama dari Website Company Profile sendiri adalah untuk sebagai media komunikasi atau sebagai media penyampaian informasi tertentu pada pihak-pihak yang membutuhkan informasi tentang perusahaan, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan fungsi yang potensial seperti ini, maka Company Profile yang efektif paling tidak harus memuat beberapa hal seperti berikut:
Merupakan Representasi Perusahaan.
Karena Company Profile dibuat sebagai gambaran tentang Perusahaan, maka desain Company Profile yang akan dibuat pertama-tama harus dibuat secara representatif, sesuai dengan karakter, kesan dan image yang telah dibangun dan ingin ditampilkan oleh perusahaan kepada masyarakat umum.
Pada umumnya Karakter, kesan, dan image yang ditampilkan pada Company Profile itu bersifat formal atau resmi, konservatif, profesional, punya integritas, terbaik, terpercaya, bagus, kredibel dan akuntabel. Tetapi ada juga perusahaan yang ingin karakter, kesan, dan image yang ditampilkan pada Company Profile-nya lebih kelihatan dinamis, egaliter, casual, ramah, profesional, terbaik, terpercaya, bagus, hangat, akrab, berani tampil beda sambil tetap menjaga profesionalitas.
Namun pada akhirnya yang akan menentukan bagaimana karakter, kesan, dan image seperti apa yang akan ditampilkan pada Company Profile adalah sifat dari bisnis yang dijalankan oleh perusahaan tersebut.
Harus terstruktur
Meskipun desain dari sebuah Company Profile setiap perusahaan bisa berbeda satu sama lainnya, namun sebagian besar struktur isinya pada dasarnya sama. Pada umumnya Company Profile memuat hal-hal informatif seperti sejarah perusahaan, profil perusahaan, divisi atau unit-unit bisnis yang ada, informasi produk atau jasa yang ada, dan daftar klien atau proyek yang pernah dilayani dan dikerjakan oleh perusahaan. Dengan desain yang terstuktur maka akan membuat website terlihat semakin memperlihatkan representasi perusahaan dan memudahkan masyarakat umum dalam memahaminya.
Harus Informatif
Selain representatif dan terstruktur, desain Company Profile juga harus bisa membantu agar setiap informasi yang ada, ditampilkan dengan benar, akurat, dan lengkap, serta disajikan dengan cara yang menarik, jelas dan mudah untuk dimengerti oleh masyarakat umum. Oleh sebab itulah untuk memenuhi hal tersebut, pemahaman tentang pemakaian wujud (form) dan ruang (space), foto atau ilustrasi, tipografi, layout dan warna yang tepat, memegang peranan yang sangat penting dalam pembuatan Company Profile. Selain itu juga perlu diperhatikan cara dan metode pendistribusian dan penyampaiannya kepada masyarakat umum.
Harus Komunikatif
Company profile yang dibuat harus koomunikatif agar dapat digunakan untuk mewakili dan melengkapi komunikasi lisan antara perusahaan dengan masyarakat umum agar dapat terciptanya mutual-understanding antara perusahaan dengan masyarakat umum.
Harus Dapat Membangun Identitas Dan Citra Korporat
Company profile yang dibuat harus dikemas secara menarik, detail, jelas, dan mewah agar dapat mencerminkan wajah perusahaan di mata masyarakat umum agar tercipta image perusahaannya besar dan bonafid

Bahyudin Nor

Author & Editor

I'm Bahyudin Nor. I'm an English Teacher of SMKN 1 Pugaan. Tanjung (Tabalong) Indonesia. Ive finished my master’s degree in English Studies Department since 2013 years.. I like reading and writing very much, and etc and also I do expect that my blog can be able to give benefit to everybody. Welcome and thank you for visiting my blog.

0 komentar:

Posting Komentar